Hijrah Cinta

 16 - Pra Nikah, 16 - PRN September, Ali

41Allah SWT dalam QS Al Baqarah ayat 186 berfirman “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” Jelas, Allah SWT mencintai hamba-Nya yang sholeh, menjaga diri dan mau bermunajat pada-Nya. Tak ada salahnya ketika diri ini galau akan jodoh, hijrah menjadi suatu pilihan. Hijrah dengan cara mendekatkan diri pada-Nya, bermunajat, termasuk bermunajat agar mendapatkan jodoh terbaik.

Sebenarnya, Allah SWT udah ngasih bocoran ke kita mengenai siapa dan seperti apa nantinya jodoh kita. Allah SWT berfirman, “Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula),” Q.S. An Nur: 26. Nah, jelas bukan? Insya Allah kita yang mau memperbaiki diri dengan menjadi pemuda yang sholeh akan Allah pertemukan dengan jodohnya yang sholehah.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah menjelaskan definisi cinta sebagai “Bertemunya ruh-ruh yang memiliki kecintaan terhadap hal yang sama.” Kalau kita semua ingin mendapatkan cinta dari jodoh yang mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka cintailah Allah dan Rasul-Nya. Kita bisa menggunakan analogi sederhana dari pendukung tim sepak bola. Kira-kira begini, ketika pendukung tim Real Madrid akan mengadakan nonton bareng pertandingan Liga Spanyol, secara otomatis mereka akan berkumpul dengan sesama pendukung tim Real Madrid. Tidak mungkin mereka akan mencari pendukung AC Milan yang liganya saja sudah berbeda, Liga Italia. Begitu pun cinta. Ruh-ruh yang memiliki mencintai Allah dan Rasul-Nya akan bertemu dan berkumpul. Nah, jelas sudah bukan? Hijrah menuju kebaikan dengan mendekatkan diri kita pada-Nya insya Allah akan menuntun kita untuk bertemu jodoh terbaik yang juga mendekatkan dirinya pada Allah SWT.

Wallahu alam bis showab

Alif Rishal Prasetya

ODP BNI Syariah – alif.prasetya@yahoo.co.id

banner 100x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply