Donor Ginjal

 16 - Kolom, Kolom Kesehatan

44Pertanyaan :

Assalamu’alaykum pak dokter, saya pria berumur 30th bekerja ringan di kantor ingin bertanya, bila saya mendonorkan satu ginjal saya kedepanya apakah kemungkinan terburuk pada kesehatan saya? Nuwun. (supriyadi, salatiga)

Jawaban :

Sebelum menjawab soal donor ginjal, ada baiknya kita membahas tentang transplantasi ginjal. Transplantasi ginjal merupakan terapi pengganti ginjal pada pasien yang mengalami gagal ginjal tahap akhir.  Manfaatnya sudah jelas terbukti lebih baik dibandingkan dengan dialisis terutama dalam perbaikan kualitas hidup penderita, karena dapat mengatasi akibat dari sebagian jenis penurunan fungsi ginjal. Salah satunya tercapai kesegaran jasmani yang lebih baik dan member angka harapan hidup yang lebih panjang. Misal seorang perempuan muda yang menerima ginjal baru bisa hamil dan melahirkan bayi yang sehat, seorang laki-laki muda bisa bekerja member nafkah keluarga.Namun meskipun transplantasi ginjal merupakan terapi ideal untuk penderita gagal ginjal kronik tahap akhir, hal ini tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada beberapa persyaratan dan prosedur yang harus dilakukan oleh resepien (penerima) dan donor (pemberi) ginjal. Karena ini merupakan tindakan atau operasi besar yang melibatkan banyak divisi keilmuan untuk keberhasilan transplantasi ginjal.

Sesuai dengan UU no 36 tahun 2009 pasal 64 tentang transplantasi ginjal, dijelaskan bahwa salah satu upaya penyembuhan penyakit dapat dilakukan dengan transplantasi organ dan atau jaringan serta yang mutakhir dengan penggunaan sel punca. Tindakan transplantasi tersebut hanya bertujuan kemanusiaan dan dilarang dikomersialkan, organ tubuhpun juga dilarang diperjualbelikan. Transplant juga hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis yang mempunyai keahlian dan kewenangan dan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan tertentu. Pengambilan organ dan atau jaringan pendonor harus diperhatikan kesehatan pendonor dan tentunya persetujuan pendonor dan atau ahli waris atau keluarganya.

Donor ginjal merupakan keputusan besar bagi pendonor dalam hidupnya karena selain resiko tindakan pembedahan/pengangkatan ginjal juga resiko setelahnya. Meskipun secara teori, pendonor yang sehat masih bisa bertahap dengan satu ginjal saja yg sehat. Memang penjaringan donor ginjal sangat selektif dan harus dinyatakan sehat dan bebas dari pengidap penyakit tertentu. Secara ideal sebenarnya antara penerima dan pendonor ginjal masih dalam satu keluarga, karena lebih banyak kecocokan secara genetik dan menghindari resiko”penolakan”tubuh penerima ginjal.

Persyaratan donor ginjal adalah semua individu yang sudah berumur lebih 18th atau sudah menikah kecuali terdapat kontra indikasi. Adapun kontraindikasi tersebut bila Laju filtrasi glomerulus < 75 ml/menit/1,73 m2 (dalam bahasa awam penurunan fungsi ginjal, hanya dokter yang bisa menjelaskan), adanya riwayat batu ginjak atau kista ginjal yang berulang/ multiple. Adanya riwayat penyakit ginjal polikistik dalam keluarganya. Adanya riwayat hipertensi atau diabetes mellitus yang tidak terkontrol atau sudah komplikasi. Penyakit jantung dan paru juga tidak diperkenankan. Pengguna NAPZA, alcohol juga tidak boleh. Menderita infeksi tertentu seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, CMV dll. Serta pendonor menderita kanker, gangguan jiwa, hamil juga tidak diperbolehkan.

Tindakan paska transplantasi untuk pendonor tidak terlalu rumit dibandingkan dengan penerima ginjal. Dibutuhkan waktu penyembuhan seperti pada operasi non transplantasi. Namun selanjutnya, pendonor harus”ekstra” ketat menjaga kesehatan tubuhnya baik dengan diet, olahraga dll karena bagaimanapun cadangan ginjal sudah diambil. Bila tidak dilakukan hal ini justru bisa mengancam kesehatan pendonor khusunya terkait gangguan ginjal. Jadi untuk menjawab pertanyaan dari saudara di atas, kami tidak bisa menyimpulkan apakah berbahaya bagi kesehatan selanjutnya atau tidak karena prosedur pemeriksaan pendonor belum ada, apakah calon pendonor sudah benar-benar dinyatakan sehat saat ini atau tidak. Yang jelas tindakan transplantasi ini merupakan tindakan besar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk diperjualbelikan baik tindakanya atau organya, dan harus melewati serangkaian prosedur pre tindakan untuk memastikan tindakan ini “aman” atau tidak baik untuk pendonor maupun penerima donor. Sekian, semoga bermanfaat.

banner 100x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply